AMI Ingatkan Kebakaran Museum Bahari Penjaringan Sebagai Pertanda Alam

Situasi News | Jakarta, Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana berpendapat musibah kebakaran Museum Bahari Penjaringan, Jakarta Utara sebagai pertanda alam agar lebih diperhatikanز

Ia berharap, dengan adanya peristiwa ini ada langkah komprehensif dan konkritkan dari pemerintah, khususnya Pemerintah DKI Jakarta untuk memperbaiki sistem manajemen pengelolaan museum.

“Bisa saja musibah ini sebagai pertanda alam, dimana kita sudah terlalu meminggirkan tempat penyimpanan peninggalan sejarah, dan mengingatkan kita semua untuk mulai lebih memberikan perhatian maksimal terhadap keberadaan museum di Jakarta maupun di Indonesia,” kata Putu dalam keterangan tertulisnya, usai menyambangi lokasi kebakaran, di Museum Bahari Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1/2018).

Karena itu, Putu menegaskan agar semua stacholder menjalankan perannya dalam rangka menjadikan museum sebagai tempat tujuan destinasi utama dalam dunia pariwisata Indonesia. Salah satunya, dengan mulai gencar memperkenalkan kembali museum kepada publik

“Mulai saat ini pemerintah harus memaksimalkan museum sebagai wisata utama dan pertama di berbagai daerah. Saat ini kegiatan internasional yang paling dekat adalah Asian Games 2018, mari kita jadikan museum menjadi informasi terdepan dengan menampilkan museum di bandara, maupun di venue-venue olahraga seperti GBK,”sebut dia.

“Saya dari komisi X DPR RI akan mendorong dari anggaran, kelembagaan, dan sosialisai gerakan cinta museum kepada anak-anak di Jakarta dan seluruh Indonesia supaya pengolalaan museum yang lebih baik,” tambahnya.

Masih dikatakan politikus Demokrat itu, masalah keamanan dan perawatan museum yang berada di Jakarta khususnya harus menjadi perhatian, kemendikbud dan pemerintah DKI Jakarta, agar tidak terulang kejadian seperti ini lagi.

“Peran pemerintah sangat penting, AMI sangat mengapresiasi Pemda yang sigap atas kejadian kebakaran di museum Bahari. Akan tetapi, kami berharap mulai saat ini pemerintah DKI Jakarta menunjukan komitmen dan dukungan penuh terhadap revitalisasi untuk merestorasi permuseuman di DKI Jakarta baik dari keamanan, kenyamanan serta perawatannya, bagaimanapun gedung juga harus diperhatikan tentang keselamatan bagi pengunjung baik dari sisi kekuatan, bahaya kebakaran ataupun lainnya,” ujar anggota dewan asal Bali ini.

“AMI mencatat, setidaknya ada sekitar 60 lebih museum di DKI Jakarta yang bisa dijadikan kawasan edukasi, rekreasi dan hiburan bagi publik untuk berinteraksi dan mendapatkan gagasan dari museum. Saya yakin pak Anies (Basedan) yang paling paham pentingnya museum Indonesia karena dulu pernah menjadi Mendikbud, “pungkasnya. (NL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *