DPR RI Desak Aparat Keamanan Usut Tuntas Pelaku Penganiayaan Guru di Madura

Situasi News | Jakarta, Kasus kekerasan yang dilakukan murid hingga menimbulkan kematian terhadap seorang guru di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur terus menjadi perhatian publik.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) misalnya. Ia mendesak agar meminta aparat keamanan mengusut tuntas kasus tersebut dan menindak tegas para pihak yang terlibat.

“Meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong sekolah-sekolah untuk membentuk tim pencegahan dan penanggulangan kekerasan, ” ujar Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (5/2/2018).

“Tentuntya, sesuai dengan Permendikbud No 82/2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan,” tambahnya.

Selain itu, Bamsoet juga mendesak agar komisi X DPR RI untuk mendorong pemerintah untuk segera menangani kasus tindak pidana kekerasan dengan serius di lingkungan sekolah.

“Meminta seluruh sekolah di Indonesia untuk memiliki SOP dalam menangani kekerasan serta membina murid-murid yang berperilaku menyimpang dan punya kecenderungan melakukan kekerasan,” ujarnya.

Politikus Golkar itu juga meminta guru, murid, orang tua, maupun lingkungan masyarakat sekitar untuk bersinergi dalam memberikan pendidikan karakter pada anak.

“Meminta Kemendikbud memberikan pemahaman tentang karakteristik budaya lokal kepada calon-calon tenaga pengajar yang akan bertugas di daerah, mengingat kasus di daerah Sampang berkaitan dengan budaya carok,” pungkas dia. (NL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *