Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut

Situasi News | Berkah dan rahmat dari Allah SWT kepada Jawa Barat, di tahun terakhir periode kepemimpinan Ahmad Heryawan (Aher), Jawa Barat kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tentang laporan keuangan, sebanyak tujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Ini adalah bentuk pertanggungjawaban kami kepada masyarakat Jawa Barat. Semoga Allah meridhoi Jawa Barat dan kita semua. Semoga menjadi manfaat bagi masyarakat, menjadi berkah bagi Jawa Barat”, ujar Aher, Sabtu (2/6/2018).

Aher mengungkap rahasia bisa sukses mempertahankan WTP. Hal itu bermula dari kesadaran bahwa pembuat laporan keuangan akan sulit tanpa dilakukan oleh ahlinya.

Pada 2009-2010 Jawa Barat mendapat jatah CPNS hingga 160 orang. Dari jumlah ini, Aher pun meminta kepada BKN separuhnya adalah akuntan. Namun, hanya 40 orang yang disetujui untuk akuntan.

“Dari jatah 160 CPNS baru yang diberikan, kita minta 80-nya akuntan. BKN kaget juga waktu itu,” katanya.

Saat itu, ia menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat ingin WTP yang bagus. Untuk itu, dibutuhkan SDM yang ahli dalam mengelolanya. Meski begitu, BKN tetap memberi jatah 40 akuntan. Aher pun menempuh upaya lain dengan menyekolahkan 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk jadi akuntan.

“Jadi, ada yang istimewa waktu itu, Jawa Barat dalam tiga tahun punya 80 akuntan,” papar Aher.

Para Akuntan tersebut, kemudian ditugaskan di OPD-OPD hingga Biro yang ada di lingkungan Pemda Provinsi Jawa Barat. Mereka bertugas secara khusus untuk membuat laporan keuangan.

“Di samping kita juga cerita yang lain, karena asetnya banyak catatan, waktu itu kita juga membuat tim aset di Jawa Barat pada 2009 waktu itu, sehingga 2011 kita dapat WTP dan sampai hari ini kita pertahankan,” pungkasnya.

Opini WTP ketujuh ini merupakan raihan Opini WTP terakhir Pemprov Jabar di masa kepemimpinan Aher sebagai gubernur, hal ini juga menambah deretan prestasi Aher yang diraih ke 274 selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, sebelumnya Gubernur yang Hafiz Quran ini menerima penghargaan Tertinggi Nasional Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Masa jabatan Aher akan habis pada 13 Juni 2018. Aher berharap gubernur selanjutnya dapat mempertahankan kondisi ini, sehingga Pemprov Jabar dapat mempertahankan Opini WTP.

Pesan untuk Gubernur Baru

Menurut Aher, untuk mempertahankan Opini WTP dalam laporan keuangan tidak sulit. Ia berharap gubernur selanjutnya dapat mempertahankan prestasi Opini WTP yang diraih Jawa Barat sebanyak tujuh kali berturut-turut.

“Kalau kondisi dan situasi dipertahankan, dikontrol, dipantau, tidak akan sulit mempertahankan WTP,” kata Aher.

Masalah laporan keuangan, Aher mengaku selalu memantau secara langsung.

Sebelum, ada pemeriksaan dari BPK, kata Aher, ia akan mengadakan rapat bersama para akuntam setiap OPD, badan, dan biro.

“Mereka menceritakan (kondisi setiap OPD) dan evaluasi tahun lalu, temuan sebelum pemeriksaan terakhir dibahas. Kemudian catatan tersebut (dari BPK) dibahas satu per satu di hadapan saya,” ujar Aher.

Ia juga menggelar pertemuan dengan pimpinan setiap OPD.

Pertemuan tersebut membahas bagian mana saja yang harus diperbaiki OPD dalam hal laporan keuangan.

Aher juga mengaku tidak pernah diwakilkan saat menggelar pertemuan dengan BPK.

“Sehingga saya banyak tahu hampir semua persoalan yang ada, sehingga saya mengontrol langsung apa yang diselesaikan,” ujarnya.

Selain memantau OPD, Aher juga mengaku ia selalu memantau inspektorat.

Hal itu dikarenakan inspektorat bertugas menindaklanjuti catatan dari BPK RI.

 

 

 

Satu tanggapan untuk “Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *