Menkes Sebut Cacing Mengandung Protein di Produk Makarel, Ini Tanggapan IDI

Situasi News | Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan 27 merek produk makarel mengandung parasit cacing. Temuan ini diperoleh setelah BPOM meneliti 541 sampel dari 66 produk produk ikan dalam kaleng itu yang beredar di seluruh Indonesia.

Temuan tentang keberadaan parasit cacing dalam makarel pun membuat heboh masyarakat. Konsumen menjadi khawatir untuk mengonsumsi makanan kemasan yang cukup familier itu.

Seusai rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Kamis, 29 Maret 2018, Menteri Kesehatan Nila F Moelek mencoba menepis kekhawatiran tersebut. ”Setahu saya itu kan (makarel) nggak dimakan mentah, kan digoreng lagi atau masak lagi, dan cacingnya mati lah,” ujarnya.

Menkes berharap hal ini juga tak terlalu dirisaukan. “Cacing itu sebenarnya isinya protein. Tapi saya kira kalau sudah dimasak, kan saya pikir sudah steril. Insyaallah nggak jadi (bahaya) nih,” kata dia.

Benarkah demikian? Apakah itu berarti makarel mengandung parasit cacing aman dikonsumsi?

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan, pemerintah mestinya bersikap tegas terhadap keamanan pangan. Bila ditemukan cacing, berarti selama proses pembuatan hingga pengemasannya telah terkontaminasi.

”Menurut hemat saya keamanan pangan itu penting sekali sehingga apapun di kandungan pangan itu harus bersih dari hal-hal yang berpotensi membahayakan kesehatan,” kata Faqih, Jumat (30/3/2018).

Dokter lulusan Universitas Brawijaya, Malang, ini mengingatkan, produk makanan yang terkontaminasi itu harus ditarik dan tidak boleh beredar lagi.Lebih penting, ada penelitian komprehensif tentang kandungan dalam makanan itu sehingga dapat dipastikan keamanannya.

”Gak bisa kita bilang cacing itu (mengandung protein), kan kalau berbahaya repot,”kata dia.

Faqih menegaskan, soal keamanan pangan semua pihak tidak boleh berspekulasi. Harus diterapkan kehati-hatian sehingga ada jaminan keamanan pangan bagi konsumen. ”Jadi bukan sesuatu yang tidak tidak pasti,” tegas dia.

 

Sumber: Inews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *