Pengamat Politik : Pertarungan Pilkada Jatim Menarik, Munculkan ‘Kuda Hitam’

Ilustrasi

 

Situasi News | Jakarta, Pengamat Politik dari Mahara Leadership Iwel Sastra mengatakan bahwa pertarungan partai politik di Jawa Timur (Jatim) kian menarik.

Terlebih, belum adanya keputusan koalisi Partai Gerindra, PAN dan PKS terhadap calon yang akan diusung pada perhelatan 2018 nanti.

Iwel menyebutkan bahwa akan ‘Kuda Hitam’ dalam pertarungan tersebut.

“Bupati Bojonegoro Suyoto akrab disapa Kang Yoto bisa berpasangan dengan tokoh Jawa Timur La Nyala Mataliti. Siapakah yang harus menjadi Gubernur dan wakil? Tentu hal itu bisa disepakati di antara mereka,”kata Iwel, di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Ia menilai dari peta politik Jatim hari ini, pasangan tersebut bisa menjadi ‘Kuda Hitam’ dalam pertarungan nanti.

“Alasannya pasangan ini bisa menjadi kuda hitam karena keduanya memiliki leadership yang baik, populer di Jawa Timur dan punya keinginan untuk maju. Karakter Kang Yoto yang tenang cocok dipasangkan dengan karakter La Nyala yang selalu bersemangat,”ucapnya.

Meskipun waktu pendaftaran calon semakin dekat, Iwel menyebutkan koalisi Gerindra, PKS, PAN di Pilgub Jawa Timur masih sangat memungkinkan terwujud karena ketiga partai ini sudah memiliki instrumen komunikasi politik diantara mereka.

Sementara itu, Peneliti dari Forum Kajian Politik Islam Ahmad Lutfi Fathullah berpendapat bahwa nama penyanyi religi, Opick, layak masuk bursa pencalonan dan diperhitungkan sebagai wakil gubernur Jawa Timur.

Menurut Kyai muda ini, Opick sangat layak mendampingi Kang Yoto karena memiliki popularitas dan dekat dengan ulama.

“Pasangan Kang Yoto – Opick memiliki nilai jual” pungkasnya. (NL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *