Polri Tangkap Enam MCA, Ketua DPR RI: Harus Usut Tuntas Hingga Konseptornya

Situasi News | Jakarta, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta agar Komisi I DPR mendorong badan intelejen negara (BIN) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bekerja lebih intensif dengan Kepolisian RI.

Hal itu terkait dengan ditangkapnya enam tersangka yang diduga pelaku penyebar hoax kelompok Muslim Cyber Army (MCA) oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri.

“Melakukan penyelidikan secara mendalam dan mengungkap kemungkinan adanya keterlibatan pihak lain yang membiayai ataupun memesan untuk menyebarkan hoax melalui kelompok MCA,” kata Bamsoet, di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

“Serta mengidentifikasi kemungkinan adanya kelompok penyebar hoax lain yang beraksi di media sosial,” tambahnya.

Selain itu, ia juga mendori komisi I memberikan peringatan terhadap penyedia layanan aplikasi maupun pengguna media sosial agar tetap patuh terhadap ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan berita isu yang mengarah pada ujaran kebencian, maupun isu SARA serta secara bijak dalam bermedia sosial,” sebut politikus Golkar itu.

Dilain pihak, mantan ketua komisi III itu juga meminta komisi bidang hukum DPR mendorong supaya Kepolisian RI mengusut tuntas dan menindak tegas jaringan kelompok penyebar hoax MCA, terutama tim inti yang merupakan konseptor (pelaku utama) kelompok tersebut.

“Baik yang ada didalam negeri maupun luar negeri, mengingat isu tersebut meresahkan masyarakat,” pungkasnya. (NL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *