Tim Hukum Prabowo Ungkap Cara Paslon 01 Samarkan Sumber Dana Kampanye

Situasi News | Tim hukum Prabowo-Sandiaga Uno membeberkan sejumlah hal yang dianggap janggal saat pelaksanaan Pilpres 2019 dalam sudang gugatan perdana di MK. Tim hukum Prabowo memaparkan apa yang mereka sebut sebagai upaya timses 01 Jokowi-Ma’ruf Amin menyamarkan sumber asli dana kampanye.

“Bahwa rilis pers yang disampaikan Indonesia Corruption Watch (ICW) tanggal 9 Januari 2019 memuat analisa terhadap kecurigaan sumbangan dari golfer TRG dan golfer TBIG,” kata ketua tim hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto (BW), membacakan gugatan sengketa Pilpres di MK, Jumat (14/6/2019).

BW melanjutkan, ICW menduga golfer TRG dan TBIG adalah dua perusahaan milik bendahara TKN Jokowi-Ma’ruf, Wahyu Sakti Trenggono. Dalam analisis ICW, lanjut BW, patut menduga ‘sumbangan melalui sumber kelompok perusahaan golfer bertujuan mengakomodasi penyumbang yang tidak ingin diketahui identitasnya.

“Kedua, diduga untuk mengakomodasi penyumbang perseorangan yang melebihi batas dana kampanye Rp 2,5 miliar dan teknik pemecahan sumbangan dan penyamaran sumber asli dana kampanye diduga umum terjadi dalam Pemilu,” kata BW.

BW, yang juga masih mengutip rilis ICW, kemudian memaparkan dugaan sumber dana fiktif dari penyumbang dana kampanye untuk 01.

“Bahwa sudah sangat jelas di atas adanya kecurangan dugaan, dugaan menyamarkan sumber asli dana kampanye yang bertujuan memecah sumbangan agar tidak melebihi batas dana kampanye dari kelompok sebesar Rp 25 miliar. Pada fakta sumbangan dari kelompok dengan pimpinan yang sama (bukti NPWP dan alamat sama) sebesar Rp 33,963 miliar, sudah melebihi batas sumbangan dana kampanye berasal dari kelompok sebesar dua puluh miliar,” tutur BW.

SUMBER: DETIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *