Bamsoet Dorong BPOM Segera Keluarkan Izin Pakai Vaksin Sinovac

Situasi News | Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama pemerintah daerah (Pemda) untuk dapat memastikan prioritas pemberian dan persiapan pelaksanaan vaksinasi agar berjalan sesuai target.

Demikian disampaikan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menanggapi sudah tersedianya 3 juta vaksin produk Sinovac dan mulai didistribusikan dari gudang penyimpanan PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat ke 34 Provinsi, Senin (4/1/2021).

“Antara lain penyediaan fasilitas cold chain atau rantai dingin untuk penyimpanan dan distribusi lebih lanjut, pemutakhiran data penerima vaksin, serta pelatihan bagi petugas yang akan melaksanakan imunisasi,” kata Bamsoet.

Sementara itu, Bamsoet juga mendorong agar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera mengeluarkan izin untuk pemakaian/penggunaan vaksin.

Ia pun berharap pemerintah dalam hal ini Kemenkes bersama pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 menggencarkan program simulasi vaksinasi Covid-19 secara bertahap.

“Disamping melakukan sosialisasi terkait vaksin, dengan tujuan untuk membantu membangun keahlian sehingga program vaksinasi bisa dilakukan tanpa kesalahan serta berjalan lancar sesuai target pemerintah,” ucap politikus Golkar itu.

Mantan ketua Komisi III DPR ini juga mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan koordinasi dalam melakukan pendataan para penerima vaksin Covid-19 secara berkala dengan tetap memprioritaskan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

“Sehingga didapat data valid dan program vaksinasi nantinya dapat didistribusikan secara merata,” pungkas mantan Ketua DPR RI ini. (Jal/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *