Irwan Fecho: Risma Wajib Pulihkan Trust Rakyat Soal Bansos

Bagikan di akun sosial media anda

Situasi News | Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat, Irwan (Fecho) menyarankan agar Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk fokus dalam pembenahan sistem penyaluran bantuan sosial (Bansos).

Termasuk, sambung dia, Risma harus bisa kembalikan trust publik bahwa tidak ada lagi penyelewengan penyaluran Bansos di kementeriannya.

“Risma lebih baik fokus reformasi kementerian sosial pasca penyelewengan dana Bansos oleh menteri sebelumnya,” kata Irwan kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

“(Dan) terpenting pastikan bantuan sosial Covid-19 bisa sampai ke pintu-pintu rumah rakyat dengan baik dan benar tanpa disunat untuk kepentingan lain,”tambahnya.

Sejak ditunjuk menjadi menteri sosial, belum ada langkah kongkrit yang dilakukan Risma untuk menghilangkan kekhawatiran publik terkait kasus penyelewengan dana Bansos kedepannya.

“Potensi kerugian negara akibat penyelewangan Bansos ini kan sangat besar, KPK memperkirakan ada potensi kerugian negara senilai Rp 228 miliar itu artinya jika dibagi dengan nilai per paket Rp. 300.000 maka setara dengan bantuan sosial untuk 760.000 warga penerima bantuan,” sergah legislator lulusan Doktor Universitas Mulawarman ini.

Oleh karena itu, Irwan menyarankan agar Risma memiliki sistem baku guna mengatasi penyelewengan dana Bansos.

“Validitas data secara priodik dan pengawasan Bansos sampai ke penerima itu lebih konkret mencegah praktek penyelewengan Bansos sekaligus mengatasi dampak pandemi covid-19 sesuai keinginan presiden Jokowi,” pungkas dia. (Jal/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *