Politikus Gerindra Ingatkan Pemberian Kompensasi Atas Korban Sriwijaya Harus Sesuai Aturan

Bagikan di akun sosial media anda

Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti menyampaikan duka yang mendalam bagi para keluarga korban penumpang pasawat Sriwijaya SJ182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh pada Sabtu (9/1/2021).

“Turut berduka kapada semua keluarga korban penumpang pesawat Sriwijaya, semoga para keluarga diberikan kekuatan, kesabaran dan keikhlasan oleh tuhan yang maha esa,” kata Novita kepada wartawan, Kamis (4/1/2021).

Dalam kesempatannya, Novita menyoroti ikhwal jaminan atau asuransi jiwa atas korban pesawat Sriwijaya Air tersebut. Karena itu, politikus Gerindra ini mengingatkan, agar proses pembayaran klaim asuransi kepada keluarga atau ahli waris korban dapat terpenuhi dengan baik.

“Jaminan kepada para ahli waris dari Jasa Raharja dan hak-hak lainnya harus benar-benar dapat dijamin pemberiannya,” sebut dia.

Ia juga menjelaskan, mengenai nilai klaim pada asuransi atas korban pesawat memiliki aturan tersendiri. Di tataran praktik internasional, sambung Novita, nilai santunan dan asuransi itu diatur dalam Konvensi Montreal.’

“Tetapi kita memiliki kebijakan tersendiri melalui Peraturan Kementerian Perhubungan pada 8 Agustus 2011 mengeluarkan Permenhub No.PM 77/Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara,” ujar politikus Gerindra itu.

“Dimana aturan itu telah disesuaikan dengan beleid lainnya seperti UU No.2/1992 tentang Perasuransian, UU No.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan tentu saja UU No.1/2009 tentang Penerbangan,” pungkasnya. (Jal/SN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *