Dialog Panas Saat Sang Imam Dipaksa Sidang Secara Online

Situasi News | Jaksa penuntut umum (JPU) memanggil Habib Rizieq yang berada di Rutan Bareskrim agar hadir di ruang yang telah disiapkan untuk sidang online.

Habib Rizieq pun menolak menghadiri sidang secara online.

“Kan saya nolak sidang online, kok saya dipaksa begini. Sidang yang lalu sudah saya sampaikan agar tidak sidang online. Silakan majelis hakim bersama jaksa lanjutkan sidang sampai vonis tanpa kehadiran saya,” ujar Habib Rizieq kepada jaksa di lorong Rutan Bareskrim, Jakarta.

Hal itu ditayangkan langsung di kanal YouTube PN Jakarta Timur, Jumat (19/3).

Habib Rizieq menegaskan bukan tidak mau menghadiri sidang. Ia hanya tidak mau mengikuti sidang apabila tetap digelar online. Habib Rizieq ingin hadir langsung di ruang sidang PN Jaktim.

“Saya bukan tidak mau menghadiri sidang, saya siap mengikuti sidang offline, hadir di ruang sidang. Sidang online saya tidak siap karena satu hak saya dilindungi UU ada di KUHAP. Kedua alasan Perma bertentangan dengan UU, karena (Perma mengatur) ada offline dan online, alternatif pertama offline,” jelas Habib Rizieq.

“Saya paham Saudara tidak mau mengikuti sidang online. Maksud kami, silakan sampai ke majelis hakim,” kata jaksa.

“Sudah saya sampaikan saya tidak mau sidang online,” jawabnya.

Habib Rizieq kemudian beralih ke perekam video streaming. Ia meminta video tersebut dimatikan karena lorong Rutan Bareskrim bukan ruang sidang.

“Ini rekam apa, ini kan ditayangkan di ruang sidang. Berarti Anda ingin tipu saya, di lorong Rutan ini Anda ingin jadikan bagian ruang sidang. Jangan dagelan, jangan sinetron, kita jangan main sinetron. Matikan! ini bukan ruang sidang, ini lorong Rutan,” kata Habib Rizieq dengan nada tinggi.

“Jangan tipu-tipu, hadirkan saya di ruang sidang offline,” lanjutnya.

Jaksa kemudian menyatakan akan menyampaikan penolakan tersebut kepada majelis hakim. Sementara Habib Rizieq kembali ke sel rutan dan mempersilakan jaksa melaporkannya.

“Kami akan laporkan ke hakim,” kata jaksa.

“Laporkan ke hakim. Saya bukan tidak bersedia disidang, saya tidak bersedia disidang secara online, tolong jangan ngebohong di depan hakim, saya minta sidang offline. Sampaikan ke hakim saya tidak akan pernah menghadiri sidang online,” ucapnya.

SUMBER © SITUASINEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *