Tolak Impor Beras, Pedagang Ini Memohon Masyarakat untuk Beli Beras Lokal

Bagikan di akun sosial media anda

Situasi News | Menolak rencana pemerintah untuk mengimpor 1 juta ton beras, pedagang beras di pasar memohon masyarakat untuk memilih membeli beras lokal.

Di awal tahun ini pemerintah telah berencana untuk mengimpor beras sebanyak satu juta ton. Pemerintah mengklaim bahwa rencana impor beras ini untuk menjaga stok beras nasional.

Jadi, bisa digunakan sebagai cadangan atau disebut juga iron stock. Namun, rencana pemerintah tersebut banyak ditentang oleh semua kalangan. Termasuk juga pedagang beras di pasar-pasar.

Bahkan beredar video penolakan dari pedagang beras yang mengajak masyarakat untuk membeli beras lokal. Video tersebut menjadi viral setelah diunggah oleh akun Instagram @undercover.id(17/03).

Dalam videonya, terlihat seorang pria bertopi coklat tersebut tengah membawa beras dalam wadah. Selain itu, ia juga membawa tulisan menggunakan kertas kardus yang bertuliskan, ‘Tolak impor beras’.

Dikonfirmasi detikcom (17/03) pemilik akun @undercover.id mengatakan kalau videonya didapatkan dari temannya. Ia juga membenarkan bahwa pria itu merupakan pedagang beras di Pasar Induk Johar, Karawang, Jawa Barat.

Tolak Impor Beras, Pedagang Ini Memohon Masyarakat untuk Beli Beras Lokal
Tolak Impor Beras, Pedagang Ini Memohon Masyarakat untuk Beli Beras Lokal Foto: Instagram @undercover.id dan iStock

Terlihat dalam video, pria tersebut ia menyampaikan keluh kesahnya terhadap kebijakan impor satu juta ton beras. Menurutnya, kebijakan pemerintah itu sangat merugikan baik petani maupun pedagang beras.

“Beras yang ada aja gak laku pak, apalagi kalau diimpor, modar petani. Gak kira-kira, yang ada aja beli di Pasar Johar mau berapa ton sehari? Mau seribu ton sehari? banyak di Pasar Johar,” ujar pedagang beras.

Lebih lanjut, pria itu juga memohon masyarakat sekitar untuk membeli beras lokal. “Beli aja di sini, bapak-bapak gak usah ke Thailand. Gak usah ke Vietnam,” ujarnya.

Tolak Impor Beras, Pedagang Ini Memohon Masyarakat untuk Beli Beras Lokal
Tolak Impor Beras, Pedagang Ini Memohon Masyarakat untuk Beli Beras Lokal Foto: Instagram @undercover.id dan iStock

Video tersebut pun banyak ditanggapi oleh netizen. Para netizen juga kompak untuk menolak kebijakan pemerintah untuk mengimpor satu juta ton beras.

“Harga beras hancur gini masih aja mikirin impor. Bentar lagi panen raya. Harga gabah aja hancur. Gak habis pikir yang mengelola negara ini bagaimana,” tulis netizen.

“Serasa negara miskin, apa-apa impor. Padahal semuanya sudah tersedia di Indonesia. Ayo beli produk lokal! Beras Indonesia kualitasnya bagus kok,” tulis netizen.

SUMBER © SITUASINEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *