BPBD Siap Hadapi Bencana Alam di NTT

Situasi News | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyiapkan berbagai sumber daya untuk menghadapi berbagai musibah bencana alam yang terjadi di 22 daerah kabupaten/kota di NTT.

Loading...

“Kami BPBD terus memantau perkembangan yang terjadi di 22 kabupaten/kota di NTT selama 24 jam melalui posko yang sudah dibentuk,”kata kepala BPBD NTT, Tini Thadeus ketika dikonfirmasi Selasa (16/1/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya telah memantapkan empat bidang sumber daya yang berkaitan dengan penanggulangan bencana seperti sumber daya manusia (SDM), peralatan regulasi dan dukungan dana.

“Kita memiliki berbagai item kegiatan terkait penaggulangan bencana seperti terjadinya gunung meletus, tsunami, tanah longsor, banjir hingga pada kejadian luar biasa (KLB),”ungkapnya.

Tini mengaku, peralatan yang dilengkapi seperti peralatan dasar maupun peralatan pendukung BPBD telah mendistribusikan secara merata ke seluruh kabupaten/kota berupa mobil ranger dilengkapi radio komunikasi, motor trail dan tenda sedangkan peralatan pendukung diberikan mobil box, mobil pick up penanggulangan bencana serta speed boat dan tangki air.

Lanjut Tini, jika tahap terjadinya bencana adalah tahap emergency maka BPBD akan memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang tertimpa musibah untuk tahap berikutnya pasca bencana akan dilakukan rehabilatasi dan rekonstruksi. (Bud)

Tinggalkan Balasan