Erdogan: Kebangkitan Hagia Sophia Langkah Awal Bebaskan Al Aqsha

Situasi News | Dalam pidato kenegaraan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, kebangkitan Hagia Sophia merupakan satu langkah awal untuk membebaskan Masjid Al Aqsha.

Loading...

“Kebangkitan Hagia Sophia adalah pemberi kabar dekatnya pembebasan Al Aqsha. Kebangkitan Hagia Sophia adalah suara langkah tekad umat Islam dan seluruh penjuru dunia,” kata Erdogan.

Erdogan juga menyebut kebangkitan Hagia Sophia adalah pertanda umat Islam mulai meninggalkan keterpurukannya.

“Kebangkitan Hagia Sophia adalah kehendak umat Islam dari seluruh dunia untuk keluar dari masa-masa kehampaan. Kebangkitan Hagia Sophia adalah kobaran harapan tak hanya untuk umat Islam tetapi juga dari semua masyarakat yang tertindas, korban perang dan penjajahan.”

“Kebangkitan Hagia Sophia adalah seruan baru kami sebagai bangsa Turki dan Muslim kepada seluruh umat manusia,” ujar Erdogan.

Erdogan menjelaskan bahwa Masjid Haghia Sophia akan mulai menggelar Sholat Jumat pada 24 Juli nanti.

“Saya menggarisbawahi bahwa kita akan membuka Hagia Sophia sebagai masjid dengan melestarikan warisan budaya bersama umat manusia,” tekan Erdogan.

Hagia Sophia pada masa Byzantium adalah sebuah gereja. Ketika Muhammad Al Fatih menaklukkan Konstantinopel, banyak penduduk yang berbondong-bondong masuk Islam. Muhammad Al Fatih kemudian membeli Hagia Sophia dengan uang pribadinya lalu diubah menjadi masjid.

Pada masa Mustafa Kemal Attaturk, Hagia Sophia dijadikan musem. Kini Pengadilan Turki menetapkan mengembalikan fungsinya sebagai masjid sebagaimana bukti dokumen pembelian bangunan itu oleh Muhammad Al Fatih.

 

SUMBER © SITUASINEWS.COM

Tinggalkan Balasan