Fahri Hamzah: Agak ‘Aneh’ Jika Indonesia Bukan Dipimpin Seorang Orator

Situasi News | Jakarta, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan agak sulit bagi Indonesia bila tidak dipimpin dari seorang orator agak aneh.

Loading...

Sebab, sejarah bangsa ini menunjukan tradisi sejak dulu para pemimpin Indonesia terkenal sebagai orator ulung. Karena, negara ini lahir dalam krisis perang panggung yang bergolak, bukan panggung yang tenang.

“Itulah sebabnya agak sulit bagi orang Indonesia sebetulnya kalau pemimpinya bukan orator. Karena kita tumbuh dan lahir dengan tradisi panggung,” kata Fahri saat menjadi narasumber dalam acara ‘Bintang Orator Radio Parlemen, di Loby Nusantara II Gedung DPR RI, Senayan, Senin (5/2/2018).

Masih dikatakan politikus PKS itu, sejak dahulu kala kepemimpinan Bung Karno, Indonesia sudah sangat dikenal dengan sejumlah tokoh yang cukup diperhitungkan setiap kali berorasi. Bahkan, sambung Fahri, seorang pemimpin haruslah cakap dalam menyampaikan orasi kepada rakyatnya.

“Maka jika kemudian, Indonesia tumbuh tanpa pemimpin yang mampu berorasi, itu kurang top. Dan, juga pemimpin itu, harusnya hari-hari dia berorasi kepada bangsanya untuk meyakinkan arah bangsa ini,” paparnya.

Oleh karena itu, Fahri menyarankan melalui perkembangan media yang begitu pesat, justru mempermudah pemimpin meyampaikan orasinya kepada masyarakat.

“Sekarang, kita di DPR ini punya channel TV dan Radio miliki parlemen, yang sedang kita usahakan agar mempunyai channel khusus, sehingga publik mengetahui chanel tersebut, yakni untuk melaksanakan, satu lagi pengawasan. Dan itu, sa,a-sama ditonton oleh publik,” pungkas dia. (NL)

Tinggalkan Balasan