FKUB Karawang Harus Jadi Ujung Tombak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Situasi News | Karawang, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan ujung tombak dalam menjaga kerukunan antar umat beragama, terlebih yang berada di daerah-daerah.

Loading...

Sebagaimana disampaikan Menteri Agama RI, Lukman Hakim bahwa Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran penting dalam menjaga kerukunan di negeri yang beragam ini.

“Di Kabupaten Karawang, kita memiliki kegiatan yang dinamakan Pelangi Nusantara,” kata salah satu Pengurus Inti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Djadja S Sairin saat diwawancarai, Selasa (29/1/2019).

Pencipta lagu Hymne FKUB Karawang ini juga menjelaskan, Pelangi Nusantara merupakan kegiatan berkumpulnya semua umat beragama di Karawang dalam bentuk acara budaya, dan dalam Pelangi Nusantara itu umat beragama berbicara tentang budaya.

Bahkan, sambung dia, kita juga akan berdiskusi tentang bagaimana Karawang ini menjadi rukun masyarakatnya tidak melihat Suku, Agama, Ras dan lain-lain.

“Tujuannya, supaya Karawang menjadi kondusif, tidak ada pertentangan mengenai agama dan suku bangsa, supaya semua orang itu merasa nyaman tinggal di kota Karawang,” terang dia.

Tidak hanya itu, Djadja juga mengungkapkan untuk memperkuat FKUB di Karawang tersebut terciptalah Hymne dalam upaya mengikat semua umat beragama di wilayah tersebut.

“Untuk memperkuat Forum Kerukunan Umat Beragama di Karawang, maka dibuatlah sebuah lagu Hymne untuk mengingatkan semua umat beragama di Karawang bahwa keberagaman adalah identitas bangsa Indonesia sedangkan kerukunan adalah tali yang mempersatukan Ibu pertiwi,” pungkasnya. (Nov)

Tinggalkan Balasan