Jurus Dahsyat Anies Tanggulangi Banjir Jakarta

Situasi News | Hujan yang mengguyur daerah dataran tinggi di sisi selatan Bogor beberapa hari belakangan membuat volume aliran air sungai Ciliwung yang melewati Jakarta meningkat drastis.

Loading...

Status Siaga 1 di Bendung Katulampa kemarin malam direspon cepat oleh Pemprov DKI Jakarta dengan menyiagakan seluruh jajaran di RT/RW sepanjang sungai Ciliwung yang kemungkinan terdampak luapan air kiriman itu.

Demikian dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Jumat (26/4/2019).

“Siang tadi di Pintu Air Manggarai ketinggian air mencapai puncaknya, artinya fase puncak aliran air dari Ciliwung sudah terlewati. Meskipun demikian, konsekuensi dari volume aliran air yang berlimpah itu adalah sampah yang ikut hanyut terbawa aliran sungai hingga menggunung di Pintu Air Manggarai,” kata Anies.

Volume sampah mencapai lebih dari 170 ton hanya dalam kurun waktu kurang dari 12 jam saja. Tim dari UPK Badan Air di Dinas LH bekerja terus nonstop sejak pagi hingga malam ini mengangkut sampah, sehingga tidak menganggu aliran air.

Anies memiliki jurus mengendalikan banjir itu.

“Yang kita lakukan sekarang ini hanya membereskan di hilir, sementara permasalahan banjir di Jakarta hari ini diakibatkan kiriman air dari hulu. Sehingga langkah yang paling tepat adalah menyiapkan lebih banyak situ atau kolam penampungan air untuk kemudian akan dialirkan ke Jakarta secara bertahap dan terkendali.

InsyaAllah, Kita akan membangun lebih banyak waduk pengendalian air sebelum masuk Jakarta. Sehingga volume air yg mengalit ke Jakarta terkendali. Saat ini memang sedang ada pembangunan 2 Bendungan di daeerah Ciawi dan Sukamahi, Kabupaten Bogor yang ditargetkan rampung pada Bulan Desember,” kata dia.

 

SUMBER © SITUASINEWS.COM

Tinggalkan Balasan