Kemendagri Siap Jatuhkan Sanksi Tegas Jika Anies Terbukti Bersalah

Situasi News | Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) siap menjatuhkan sanksi tegas kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan usai adanya pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Sabtu (14/11/2020) lalu. Namun sanksi tersebut baru akan dijatuhkan jika nantinya dalam penyelidikan kepolisian Anies terbukti bersalah.

Loading...

“Kita tunggu klarifikasi dan hasil di kepolisian karena salah satu instansi yang diminta membantu menegakkan lewat penegakkan yustisi itu adalah kepolisian. Biar klarifikasi di sana dulu ya,” Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Syafrizal, Selasa (17/11/2020), seperti dikutip Pikiran Rakyat.

Jika sudah ada klarifikasi dari kepolisian, kata Syafrizal, pihaknya baru akan melihat apakah dibutuhkan tindakan atau tidak.

“Nanti hasilnya akan kita lihat apa tindakan yang bisa kita lakukan,” lanjutnya.

Saat ditanyakan kemungkinan sanksi tegas apa yang bisa dijatuhkan kepada Anies, Syafrizal enggan menjawab.

“Saya belum bisa jawab ya. Masa mengandai-andai. Tunggu klarifikasi dulu,” ujarnya.

Menurutnya, sanksi terberat yang dijatuhkan kepada kepala daerah sampai saat ini adalah teguran tertulis.

“Sanksi yang pernah diberikan kepala daerah paling tinggi teguran tertulis sampai hari ini. Yang sudah pernah diberikan. Nanti lihat dari klarifikasi di Polri,” tandas Syafrizal.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020). Anies diperiksa selama 9 jam dengan 33 pertanyaan hingga menjadi laporan 23 halaman.

 

SUMBER © SITUASINEWS.COM

Tinggalkan Balasan