Ketua DPR RI Perintahkan Komisi IX Dorong Pemerintah Optimalisasi JKN-KIS di Indonesia

Situasi News | Jakarta, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta agar Komisi IX DPR RI untuk mendorong seluruh pemerintah daerah (Pemda) mendukung optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Loading...

Hal itu menanggapi terkait 66,8 juta atau sekitar 25,7 persen penduduk Indonesia yang masih belum terdaftar hingga 23 Febuari 2018.

“Meminta Komisi IX DPR mendorong seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk berperan serta dan mendukung optimalisasi Program JKN-KIS,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Padahal, sambung politikus Golkar itu, pemerintah menargetkan bahwa pada 2019 minimal 95 persen penduduk Indonesia sudah harus terdaftar semua. Untuk itulah, kata dia, dewan sebagai lembaga pengawas harus mengingatkan dan mendorong pemerintah dalam hal ini kementerian kesehatan melakukan peningkatan sosialisasi kembali.

“Meminta Komisi IX DPR mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya jaminan kesehatan,” sebut dia.

“Serta yang paling terpenting adalah mempermudah proses pendaftaran bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS,” pungkasnya. (NL)

Tinggalkan Balasan