Muslim Uighur Jual 11 Kuda untuk China yang Terkena Corona, Terbuat dari Apa Hatinya?

Situasi News | Muslim Uighur kerap mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari pemerintah Negara China. Namun, ketika China terserang virus Corona, Uighur tidak mencaci maki namun melakukan perbuatan yang sungguh mulia.

Loading...

Seorang warga beretnis Uigur Xinjiang, Ba Baintolle, menyumbangkan 11 ekor kudanya. Uang hasil penjualan 11 ekor kuda senilai 88 ribu yuan atau sekitar Rp 171,9 juta itu diberikan kepada Pemprov Hubei untuk mengatasi wabah virus mematikan.

Penggembala kuda itu tinggal di Kabupaten Wenquan, Daerah Otonomi Xinjiang. Kabupaten Tongcheng, Provinsi Hubei, setiap tahun menyumbangkan 300 ribu yuan (Rp 586 juta) kepada warga Wenquan untuk membangun infrastruktur, pengenalan teknologi, dan membangun sekolahan.

“Saya sangat sedih dengan berjangkitnya wabah di Hubei. Mereka banyak sekali bantu kami dan sekarang saatnya saya membantu mereka,” ujar Baintolle dikutip China Daily.

Pria yang memiliki 400 ekor kuda dengan pendapatan sekitar 150 ribu yuan (Rp 293 juta) per tahun itu mengatakan kuda melambangkan keberanian dan ketangguhan. “Saya berharap masyarakat Hubei dengan gagah berani bisa menundukkan virus tersebut. Jangan menyerah. Hati saya bersamamu, meski jarak kita ribuan mil,” ucapnya.

Loading...

Data Komisi Kesehatan China (NHC) hingga Senin pagi menyebutkan jumlah kasus positif 2019-nCoV sebanyak 37.289, terduga (28.942), parah (6.188), meninggal (813), dan sembuh (2.900). Provinsi Hubei masih menjadi penyumbang kasus terbanyak di China dengan perincian, positif (29.631), meninggal (871), dan sembuh (1.795).

Hal itulah yang disoroti oleh pendiri AMI Foundation Azzam Izzul Haq.

“Bulan lalu, Muslim Uyghur membantu warga yg terdampak banjir di Indonesia,” kata dia pada Senin (10/2/2020).

“SEKARANG, Ba Bantolle, sahabat Muslim Uyghur yg tinggal di Wenquan Xinjiang menjual 11 ekor kuda miliknya dan membantu masyarakat terdampak Wuhan Coronavirus di provinsi Hubei,” kata dia menambahkan.

Ia pun bertanya, “Terbuat dari apa hatinya?”

 

SUMBER © SITUASINEWS.COM

Tinggalkan Balasan