PKS Tumbangkan Pohon Beringin yang Sudah Berkuasa 48 Tahun Di Riau

Situasi News | Pohon Beringin dengan akar berurat menghunjam bumi kini sudah tak lagi kokoh. Pohon tersebut sudah tumbang di tangan padi dan bulan sabit di tanah Melayu Riau.

Loading...

Pohon Beringin identik dengan lambang Partai Golkar, sedangkan kapas diapit bulan bintang merupakan logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pada Pemilu 2019 ini, PKS mampu menumbangkan hegemoni Partai Golkar sudah berkuasa nyaris 50 tahun di Provinsi Riau. Termasuk, sejak Pemilu 1999 hingga 2014, Partai Beringin selalu menjadi pemenang di Riau.

Tak terkecuali, Pilkada baik pemilihan di DPRD, maupun secara langsung, kader Golkar merajai kancah perpolitikan lokal. Riau identik dengan Golkar, Golkar ya Riau.

Tanda-tanda itu mulai terlihat saat Pilgubri 2018. Calon diusung Golkar, petahana Arsyadjuliandi Rachman, kalah oleh calon diusung trio PAN, PKS dan Nasdem, Syamsuar-Edy Natar Nasution.

Kondisi tersebut, terbalik saat ini. Berdasarkan perhitungan PKS Riau, untuk suara di DPR RI, partai dakwah itu diprediksi mendapatkan 5 kursi. Perinciannya, dari Dapil Riau 1 dikantongi 3 kursi, sedangkan Riau 2 sebanyak 2 kursi.

Akhir pekan lalu, DPW PKS Riau mengumumkan, mereka mengantongi suara 21 persen atau setidaknya 5 kursi DPR RI sudah di tangan.

Ketua DPW PKS Riau, Hendry Munief, sempat kaget melihat hasil pengumpulan suara dilakukan kader dan saksi PKS di 12 kabupaten kota di Riau.

“Saya sempat kaget, 21 persen ini persis dengan usia PKS. Alhamdulillah ini sangat luar biasa,” kata Hendry, Sabtu, 20 April 2019.

Berdasarkan data C1 sudah terkumpul, PKS meninggalkan jauh partai politik yang berada di posisi kedua, berkisar 7-8 persen. Hitungan partai kader itu, partai urutan kedua hanya meraih 13 persen kursi DPRD Riau.

“Jaraknya dengan partai di urutan kedua sangat jauh, ada jarak antara 7-8 persen,” jelas Caleg diprediksi melaju ke Senayan ini.

Ia mengatakan, dari 8 dapil untuk DPRD Riau, PKS diprediksi mengantarkan masing-masing dua wakilnya. Begitu juga dengan perolehan kursi DPRD kabupaten kota.

“Apalagi di DPRD Bengkalis, kita kemungkinan minimal dapat 4 kursi dari dapil Mandau, itu memang basis kita,” tuturnya.

Saat ditanya perbandingan dengan perolehan kursi pada Pemilu 2014 lalu, Hendry menilai ada peningkatan sekitar 4-5 kali lipat dibandingkan Pemilu 2014 lalu. Gambaran, di DPRD Riau periode 2014-2019, PKS hanya mendapatkan 3 kursi saja.

 

SUMBER © SITUASINEWS.COM

Tinggalkan Balasan