Polri Sebar Aparat Awasi Masjid yang Terpapar Radikalisme

Situasi News | Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal argo yuwono menyebut akan melakukan pengawasan terhadap masjid yang menganut paham radikalisme. Untuk mengawasi masjid yang menganut paham radikalisme, Mabes Polri bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Bintara Pembina Desa (Babinsa), kelurahan, dan Kepala Desa (Kades).

“Terkait pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta polisi mengawasi masjid yang menganut paham radikalisme, tentu kami akan mulai dari bawah. Kami koordinasi dengan TNI, Babinsa, pak lurah, pak kades dan sebagainya. Di lingkungannya satu persatu kami sentuh dengan deradikalisasi. Babinsa dan kamtibmas sudah ada pembekalan,” katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/11).

Namun, Argo mengaku belum mendapatkan data terkait jumlah masjid yang akan dipantau berapa dan wilayah mana saja. Hanya, Argo mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan ke aparat penegak hukum jika adanya paham radikalisme di lingkungannya.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat. Kalau ada indikasi, bisa disampaikan ke petugas kami. Kami siap dari kepolisian,” kata dia.

Sebelumnya diketahui, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menuturkan perlu ada pengawasan dari polisi dan pemerintah daerah untuk memperingatkan masjid-masjid yang dalam acara dakwahnya mengandung narasi kebencian. “Masjid yang dijadikan tempat menebar kebencian harus diingatkan dan diperingatkan supaya tidak dibiarkan masjidnya untuk menyebar kebencian. Itu harus aktif dari kepolisian maupun pemda untuk melakukan pencegahan,” kata Ma’ruf saat membuka Festival Tajug 2019 di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (22/11).

Selain mengerahkan polisi, Ma’ruf mengatakan perlu pendataan yang jelas masjid mana saja yang berpotensi terpapar. “Nanti kita minta dewan masjid untuk mencari, untuk memetakan. Kita recheck lagi mana masjid yang perlu pembinaan supaya tidak menebar narasi-narasi kebencian, permusuhan, tapi sebaliknya membangun narasi kerukunan,” ucap Ma’ruf.

 

SUMBER © SITUASINEWS.COM

Tinggalkan Balasan