UGM Berikan Penghargaan Herman Johannes Award Kepada Menteri Susi

Situasi News | Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan penghargaan Herman Johannes Award kepada Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. Penghargaan ini diserahkan dalam peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-72 di Balai Senat UGM, Selasa, (20/02/2018).

Loading...

Herman Johannes merupakan pahlawan nasional yang juga merupakan rektor kedua UGM. Penghargaan ini diberikan oleh Fakultas Teknik UGM dan Keluarga Alumni Teknik Gadjah Mada (KATGAMA) sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh nasional yang berperan dalam pengembangan ilmu dan teknologi di Indonesia.

Menteri Susi Pudjiastuti menerima penghargaan dalam bidang kelautan. Ia merupakan satu dari lima penerima penghargaan Herman Johannes Award.

Selain dirinya, Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga mendapatkan penghargaan untuk bidang infrastruktur. Penghargaan juga diberikan kepada Prof. Ir. Hardjoso Prodjopangarso (alm) untuk Bidang Teknologi Pengairan, Prof. Dr. Soebroto, M.A. untuk bidang energi, serta Dr. Ir. Hartarto Sastrosoenarto (alm) untuk Bidang Industri.

Susi Pudjiastuti mengutarakan, penghargaan ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia mengapresiasi anak bangsa yang bekerja dengan sungguh-sungguh. Baginya apa yang diberikan kepadanya bukan penghargaan untuk pribadi, tapi untuk anak bangsa.

“Ini penghargaan untuk Pak Jokowi juga yang dengan segala kontroversi memilih menteri yang hanya sekolah SMA kelas dua,” tutur Susi.

Sementara itu Menteri Basoeki menuturkan, baginya penghargaan ini menjadi sebuah pengingat akan kepercayaan dan harapan almamaternya. Sehingga dia dapat menjalankan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh sekaligus selalu mengingat kata-kata yang tertuang dalam Hymne Gadjah Mada, yaitu mengabdi bagi kejayaan nusantara.

“Dalam bekerja ada 2 hal yang selalu saya ingat. Pertama adalah almamater, dan yang kedua keluarga. Maka, ini akan menjadi pengingat bagi saya untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepada saya dengan lebih baik lagi untuk menjunjung tinggi kemuliaan almamater saya,” ucap alumni Fakultas Teknik UGM ini. (Qie)

Tinggalkan Balasan